Jumat

Apa Itu PageRank ?


Sebagian anda mungkin masih asing dengan PageRank. Apa itu PageRank ? Apakah definisi dari Pagerank ? Dipostingan kali ini saya ingin sedikit mengulas PageRank secara teori dan juga secara praktek berdasarkan pengalaman pribadi. Tapi bukan berarti saya ini pakar loh.. sama sekali bukan sob! Saya cuma tahu kulit-kulitnya saja, so jangan tanya yang aneh-aneh ya karena dijamin saya tidak bisa jawab..hehe.

Secara definisi (teori), dikutip dari Wikipedia, PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google.
Cara kerjanya adalah Sebuah situs akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakkan link yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi isi/content situs tersebut lebih berguna dari isi/content situs lain. PageRank dihitung dengan skala 1-10. Sebuah situs yang mempunyai Pagerank 9 akan di urutkan lebih dahulu dalam list pencarian Google daripada situs yang mempunyai Pagerank 8 dan kemudian seterusnya yang lebih kecil. Untuk lebih jelasnya langsung ke Wikipedia saja ya..
Tulisan diatas adalah definisi dari PageRank secara teori. Terus terang baru kali ini saya secara khusus mencari definisi PageRank menurut teori. Selama ini yang ada dipikiran saya PageRank adalah sebuah gengsi dan eksklusif. Dalam artian jika sebuah blog atau situs telah memiliki PageRank artinya situs tersebut memiliki content yang berkualitas dan lebih terpercaya dibanding situs non PageRank.
Jika membandingkan antara definisi PageRank secara teori dengan pemahaman saya selama ini, ternyata tidak berbeda jauh. Karena intinya sama. Yaitu sebuah blog/situs akan mendapatkan PageRank jika blog/situs tersebut lebih penting/populer dibandingkan yang lain. Untuk menjadi lebih penting/populer tentunya harus memiliki content yang berkualitas.
Berdasarkan pengalaman, untuk mendapatkan PR, langkah awalnya adalah membuat content/posting yang berkualitas. Artinya setiap pengunjung akan mendapatkan manfaat setelah membaca postingan tersebut. Sedikit saran sebelum mulai membuat posting pelajari dulu teori SEO. Soal SEO tanya langsung ke guru saya saja ya yaitu cafebisnis. Selanjutnya biarlah waktu yang bicara. Simple kan.. Wink
Kesimpulannya teori adalah penting dan satu hal lagi yang jauh lebih penting adalah praktek. Karena hanya dengan prakteklah yang bisa membuktikan apakah teori itu benar atau salah.
Oke sob, apakah anda sudah siap untuk berburu PageRank ??

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes